Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mencari NISN Siswa SD, MI, MTs, SMK, Alumni Lewat Internet

Cara Mencari NISN Siswa SD, MI, SMP, MTs, SMK, Alumni – Nomor Induk Siswa Nasional atau biasanya disebut dan disingkat NISN merupakan lembaga system pengelolaan nomor induk semua siswa yang berada di Indonesia. NISN juga dikelola oleh  kemdiknas untuk di olag datanya sehingga aman karena merupakan asset berharga Negara. Jadi jika anda merasa NISN anda hilang bisa di cari di internet dengan mudah dan gratis pula, biasanya nomor NISN ini akan diberikan jika sudah ingin mendaftar SD/MI, SMP/MTs, SMA/MA sederajat atau berdasarkan nama/asal sekolahan yang dituju. Nah jika anda sudah menerima NISN tersebut maka nanti lain hari bisa untuk tujuan seperti penerimaan raport, melanjutkan ke jenjang yang lebih tinggi. Mari cari lewat internet saja.

Cara Mencari NISN Siswa Lewat Internet


Perlu anda perhatikan bahwa NISN sangat penting sekali karena mencari NISN tidak mudah apalagi untuk digunakan untuk pengenalan siswa, biasanya nomor NISN akan diberikan secara langsung kepada muridnya tetapi ada juga dari pihak sekolah memberikan kepada orang tuanya. Nah nomor NISN ini juga terkadang banyak siswa yang lupa karena memang banyak sekali digit yang terdapat pada NISN jadi wajar saja jika mereka lupa nomor NISN selain sulit di ingat NISN juga sangat jarang digunakan disetiap harinya.

NISN sekarang sudah lebih mudah sekali dicari bisa dengan menggunakan internet dengan Kemdikbud telah meluncurkan sistem pencarian NISN berdasarkan nama siswa, tempat lahir, dan tanggal lahir. Data yang dihasilkan dipastikan keakuratannya karena langsung dari server Kemdikbud. Yuk simak caranya :

Cara Mencari NISN Siswa Lewat Internet
1.      Silahkan buka halaman http://nisn.data.kemdikbud.go.id/page/data
2.      Klik tab pada Pencarian Berdasarkan Nama
3.      Masukan data diri dengan benar. Perlu diketahui bahwa sebagian siswa namanya disingkat seperti dibawah ini. Jadi jika merasa namanya agak panjang, alangkah baiknya menggunakan contoh seperti dibawa ini. Selanjutnya klik Cari
4.      Tunggu beberapa saat, biasanya tidak sampai 30 detik
5.      Maka akan terlihat hasilnya seperti dibawah ini
Cara Mencari NISN Siswa SD, MI, MTs, SMK, Alumni Lewat Internet
Cara Mudah Mencari NISN Siswa Lewat Internet


Nah jika anda sudah menemukan nomor NISN sebaiknya anda segera mencatatnya di kertas, buku, catatan atau yang lainya agar mudah di ingat karena tidak selamanya anda akan terkoneksi Internet. itulah tadi Cara Mencari NISN Siswa SD, MI, MTs, SMK, Alumni Lewat Internet semoga bermanfaat untuk anda jangan lupa kembali lagi ya.