Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mengatasi HP Android Bootloop



Cara Mengatasi Android Yang Bootloop Dengan Pc - Memang permasalahan yang satu  ini cukup rumit sekali karena bisa saja android anda mengalami restart sendiri, hang dan juga bisa mati total sebelumnya kita harus mengetahui hal dasarnya, seperti pengertianya.
Apa yang dimaksud bootloop ?
Bootloop pada android adalah suatu keadaan dimana system hp android anda tidak dapat melakukan proses booting atau start-up sehingga anda tidak bisa masuk ke menu utama dan hanya stuck pada logo samsung atau logo lainnya. bootloop android sendiri dibagi menjadi 3 jenis tingakatan yaitu Light Bootloop, Medium Bootloop dan Hard Bootloop.
Cara Mengatasi HP Android Bootloop

Penyebab handphone android bootloop sendiri terdapat bermacam-macam
seperti kegagalan system, akibat kesalahan pada saat proses rooting hh anda. Entah itu kesalahan merubah font yang tidak cocok, merubah boot animation, merubah file system Ui dan yang lainnya. Jadi berhati-hati bila anda ingin merobah system android anda karna jika ada kesalahan sedikit saja bisa-bisa android anda akan mengalami bootloop.

Cara memperbaiki 3 tingkatan bootloop android :
1. Medium Bootloop Android Hal ini sering terjadi karena anda mencoba masuk ke system Recovery Mode dan menginstall script yang tidak jelas asal-usulnya.
Cara Mengatasi : Sebaiknya sebelum mengutak-atik apapun yang ada dalam Recovery Mode sebaiknya lakukan backup agar nanti bisa direstore jika terjadi masalah.
2. Light Bootloop Android Permasalahan ini terjadi biasanya karena anda mengutak-atik sistem utama dan tidak menggunakan Recovery Mode, dan akibat dari light bootloop hanya bersifat sementara seperti blank screen.
Cara Mengatasi : Silahkan restart handphone anda terlebih dahulu, jika masih ada keanehan silahkan matikan dan cabut baterainya lalu pasang dan nyalakan lagi.
3. Hard Bootloop Android Masalah ini adalah yang paling parah, dimana anda tidak akan bisa masuk kedalam menu handphone dan hanya stuck pada logo dan kemudian restart berulang kali.
jika anda belum tau cara melakukan factory reset silakan simak cara melakukan factory reset dibawah ini :
Berikut ini cara masuk ke Recovery Mode untuk melalukan Wipe Data/Factory Reset pada Android : 1.Pertama-tama pastikan baterai anda cukup, minimal 70% untuk menghindari hal yang tidak diinginkan.
2.Lalu matikan handphone atau tablet android anda. Tekan dan Tahan tombol Volume Up + HOME + Power secara bersamaan beberapa detik. Gunakan Volume Up untuk memilih menu “Factory reset / wipe data”.
3.Kemudian tekan tombol Home untuk memulai proses reset. Tunggu beberapa saat sampai prosesnya selesai. Kemudian pilih lagi menu Reboot System Now. Selesai....
itu adalah cara melakukan factory reset.. Jika dengan cara itu masih belum bisa saya sarankan untuk membawa hp anda kekonter servic hp terdekat agar bisa dilakukan flashing dan tidak mengambil resiko keadaan yang lebih buruk lagi. semoga yang bisa saya berikan bermanfaat dan saya sekedar berbagi buat anda.

Posting Komentar untuk "Cara Mengatasi HP Android Bootloop"