Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Menghadapi Konsumen Yang Kecewa Terhadap Bisnis Anda

Kupuk Blog - Pernahkah anda menghadapi konsumen yang cerewet bahkan mereka bilang kecewa, lalu bagaimana cara menghadapi hal tersebutKadang dalam menjalankan sebuah bisnis masalah selalu saja ada menimpa bisnis yang kita jalani, entah masalah Produksi, Konsumen, Transaksi, dan Distribusi, banyak kendala yang kita harus hadapi dengan bijak, pebisnis yang baik tentunya akan memberikan usaha dan respon yang baik untuk para konsumen dan pelanggannya bukan, nah mungkin cara ini bisa menjadi alternatif bagi anda untuk menghadapi konsumen atau pelanggan anda jika terjadi masalah.

Cara Menghadapi Konsumen Yang Kecewa Terhadap Bisnis Anda


Merasa tertipu itu menjadi sesuatu hal yang sudah biasa dalam berbisnis, terlebih dalam bisnis Online, saya pun juga mengalaminya, mungkin produk tiba-tiba rusak atau bagaiamana, dan konsumen merasa dirugikan, menjadikan hal yang sudah biasa dikalangan pebisnis muda maupun Tua.

Ada beberapa Tips yang bisa anda lakukan jika Konsumen anda merasa tertipu dengan bisnis yang anda kelola, sekali-kali jangan kabur dari masalah, gunakan Tips ini untuk memberikan penjelasan yang meyakinkan dan pasti, tentunya konsumen akan memberikan tanggapan yang baik pula, berikut Tips yang bisa anda lakukan.

1. Tetap Tenang Dan Dengarkan Komplin Konsumen Anda

Hal pertama yang harus anda lakukan yaitu tetap tenang dan dengarkan komplin dari konsumen anda, ketenangan akan membawa anda dalam suasana yang labih bagus, jika anda panik akan terlihat tidak profesional dimata mereka, dan pastinya mereka akan lebih yakin bahwa bisnis anda merupakan bisnis menipu yang patut di Hindari.

2.Jangan Lari Dari Masalah

Jangan lari dari masalah , jadilah pribadi yang tegas dan bijak dalam menghadapi masalah, jika anda lari dari masalah, akan semakin buruk nantinya, cobalah menjadi pribadi yang bijak dalam mengatasi masalah yang ada, karena anda berbisnis maka anda harus berani bertanggung jawab dengan apa yang anda lakukan, hal itu lebih bagus dari pada harus lari dan diam dalam menghadapi masalah.

3.Jangan Terpancing Emosi 

Hal ketiga yang harus anda lakukan yaitu menahan atau jangan mudah terpancing emosi dari komplin Konsumen anda, menjadi cepat marah akan memperburuk keadaan, coba berbicara dengan nada yang rendah jika konsumen anda melampiaskan kemarahannya, tetap terjaga dengan tenang, dan layani dengan baik, semoga saja dengan begitu tanggapan anda bisa menjelaskan dengan pasti dan tepat.

4.Sampaikan Maaf Dengan Tulus

Jika memang anda terbukti bersalah, silahkan langsung sampaikan maaf dengan Tulus, agar konsumen lebih lega mendengarnya, dan segera tindak lanjuti apa yang menjadi masalah, sehingga konsumen anda tetap puas dengan pelayanan yang anda berikan, dengan begitu konsumen akan lebih mengerti dan tetp percaya dengan anda.
5.Menjadi Pebisnis Yang Santun Dan Simpatik

Selanjutnya yaitu menjadi pebisnis yang santun serta simpatik dengan tanggapan dan komplin para Pelanggan anda, dimana pelanggan akan merasa senang jika anda salah namun masih santun dan simpatik, coba tanyakaan keadaan produk yang anda jual kepada pelanggan untuk beberapa hari, dengan begitu pelanggan akan merasa puas dengan pelayanan anda, dan percaya, suatu saat akan kembali lagi ke bisnis anda.

Nah itulah Cara mudah untuk menghadapi konsumen yang merasa kecewa dengan bisnis anda, cara ini sangat efektif dan baik untuk anda terapkan, semoga dengan cara ini anda lebih bisa menjadi pebisnis yang unggul dan bijak dalam mengambil keputusan dan merespon dengan baik dalam menghadapi konsumen anda.

Posting Komentar untuk "Cara Menghadapi Konsumen Yang Kecewa Terhadap Bisnis Anda"