Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Memperbaiki Flashdisk Yang Rusak Terkena Air

Cara memperbaiki flashdisk yang rusak terkena air sehingga tidak terbaca dan yang seperti ini biasanya minta diformat jelas ini sangat di sayangkan sekali mengingat keperluan anda terhadap isi flashdisk tersebut. Bagaimanapun juga flashdisk adalah benda kecil namun sangat banyak manfaatnya seperti bisa menyimpan file terkadang hingga terkena virus shortcut yang sangat menjengkelkan bila memang ini terjadi kepada anda di saat sobat sedang membutuhkanya.
Baca juga : Cara membuka password memory card micro sd

Bagaiamana cara memperbaiki flashdisk yang tidak terbaca akibat dari terendam air, kejadian ini ketika saya sedang pulang sekolah dan membawa flashdisk di tengah perjalanan mengalami hal kehujanan karena pada saat kemarin masih musim hujan terpaksa sekali saya harus servis flashdisk tersebut sehingga nantinya bisa digunakan kembali pada saat ada tugas yang banyak. Walaupun harga flashdisk sekarang sangat murah sekali namun saya tetap ingin memperbaikinya dan ternyata berhasil saya kembalikan seperti semula dan filenya masih tetap ada.

Cara memperbaiki flashdisk yang rusak terkena air
Image dari tokopromosi.com

Mengalami kejadian tersebut saya lebih berhati-hati dalam menyimpan flashdisk agar nantinya tetap aman dan dapat digunakan ketika saya butuhkan entah untuk kerja, tugas kampus dan untuk cari film yang terbaru di warnet tentunya, penasaran ingin tau cara memperbaiki flashdisk yang rusak dengan mudah berikut ini tips nya :

Cara Mengatasi Flashdisk Yang Rusak Terkena Air

  1. Jangan mencolokkan flashdisk ke laptop anda, karena pada saat ketika terendam air ataupun ketika basah tentunya akan membuat terjadinya kosleting arus pendek dan itu akan membuat flashdisk dan komputer anda akan mengalami kerusakan yang berat akibat arus tersebut sebaiknya anda hindari hal ini untuk menjaga tetap aman.
  2. Mengeringkan flashdisk dengan menjemurnya di kepanasan terik sinar matahari, untuk mempercepat pengeringan sebaiknya gunakan cahaya matahari bisa anda jemur di lantai yang terkena sinar matahari karena ini untuk mengeringkan dan menghilangkan air di dalam falshdisk sehingga nanti tidak terjadi konsleting ketika anda mencolokkan FD ke dalam komputer anda.
  3. Mengetest flasdishk, nah kini saatnya anda untuk segera melakukan cara terakhir jika pada saat anda mencolokka flashdisk ini dan datanya masih utuh seperti sebelumnya berarti anda telah berhasil seperti yang saya lakukan saat flashdisk saya terkena air sehingga basah, sebelum mencolokkan lebih baik anda cek terlebih dahulu apakah benar-benar sudah kering atau belum.

Cara Memperbaiki Flashdisk Yang Minta Diformat

Cara 1

  1. Colokan USB flashdisk ke USB ke komputer atau laptop.
  2. Klik start > run lalu ketik : compmgmt.msc
  3. Kemudian akan muncul program compmgmt, nah sekarang klik program tersebut.
  4. Selanjutnya pilih storage yang ada di tengah kemudian pilih disk management.
  5. Biasanya flashdisk anda bakal terdeteksi.
  6. Klik kanan dan pilih create partition.
  7. Silahkan anda format flashdisknya, caranya: Klik kanan kemudian pilih format.
  8. Sumber : Seocips
Cara 2
  1. Colokin flashdisk anda ke komputer.
  2. Buka Control Panel
  3. Klik "Add Hardware"
  4. Klik Next
  5. Pilih : "Yes, I have already connected the hardware".
  6. Kalau USB flash disk sudah berhasil dikenali, muncul salah satu hal dari hal-hal seperti ini : Muncul menu autorun, Pernyataan bahwa USB flash disk mendukung koneksi USB yang lebih cepat, Muncul ikon "Removable hardware "pada systen tray dan Muncul drive baru di Windows Explorer atau My Computer.
  7. Kalau salah satu hal tersebut terjadi, pendeteksian tidak perlu diteruskan. Klik Cancel pada tampilan berikutnya.
  8. Sumber : Seocips
Sebenarnya banyak sekali permasalahan rusak di dalam flashdisk semoga dapat membantu anda terimakasih sudah membaca cara memperbaiki flashdisk yang rusak terkena terendam air.

4 komentar untuk "Cara Memperbaiki Flashdisk Yang Rusak Terkena Air"

  1. Wah keren nie artikelnya, saya memakai cara ini alhamdulillah filenya tetap utuh soalnya kemarin kehujanan akibat jakarta di guyur hujan pulang dari kampus,terimakasih solusinya yah

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya sama-sama maz upin alhamdulillah deh bermanfaat juga artikel buat orang lain, jangan lupa habis sekolah di taruh dalam tas biar tidak kehujanan lagi

      Hapus
    2. Memangnya filenya bisa ketemu semua?masalah flashdisk ku baru kelelep air ..
      Huhu

      Hapus
  2. Aku udah aku keringin semaleman dan besok siangnya kan aku cek kok gak bisa kedeteksi yak flashdisk nya di hp aku... Apa itu artinya flashdisknya beneran rusak?

    BalasHapus