Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mengatasi Komputer Sering Restart Work



Cara mengatasi komputer sering restart work. Pernahkah anda mengalami hal seperti ini di komputer anda? yang selalu restart dengan sendirinya. Dalam kondisi sedang sibuk-sibuknya mengerjakan makalah tiba-tiba komputer restart sendiri hal ini sangatlah menjengkelkan bagi saya entah dari mana penyebabnya tapi setelah saya selidiki akhirnya saya menemukan solusinya, anda ingin tau solusinya dan penyebab komputer sering restart mari kita bahas satu persatu berikut ini :
cara mengatasi komputer sering restart work

cara mengatasi komputer sering restart sendiri


Komputer sering restart karena kepanasan
Laptop  yang kepanasan (overheat) adalah salah satu penyebab utama komputer sobat atau sering restart sendiri. Untuk mengecek terjadinya overheat pada Processor dapat dilakukan dengan beberapa cara, diantaranya:
           Melihat kondisi temperatur pada menu Hardware Monitor di BIOS
           Menggunakan program monitoring temperatur seperti misalnya CPUID Hardware Monitor
          Mengecek secara manual yaitu dengan membuka casing CPU dan meraba sendiri temperatur   pada bagian Pendingin (Cooler) Processor.
Komputer sering restart karena VGA Card rusak
Komputer sering restart sendiri juga bisa terjadi karena rusaknya bagian VGA Card yang terpasang pada slot AGP atau PCI. Biasanya VGA Card yang rusak akan terasa cepat panas pada bagian pendinginnya, selain itu tampilan gambar pada layar monitorpun menjadi rusak. Untuk itu apabila PC Anda sering restart ada baiknya juga untuk mengecek komponen tersebut.
Komputer sering restart karena Power Supply yang kekurangan daya
Penyebab komputer sering restart adalah kurangnya daya atau sudah tidak optimalnya bagian Power Supply yang mensupply daya pada CPU. Hal ini bisa terjadi misalnya karena macetnya atau matinya Kipas angin (fan) yang terdapat pada power supply, sehingga terjadi overheat pada komponen Power Supply itu sendiri. Apabila kalian merasa curiga dengan performa Power Supply yang terpasang sebaiknya ganti dulu bagian power Supply ini dengan Power Supply yang terbukti berfungsi baik. Untuk keperluan computer sekarang, sebaiknya pakailah sebuah Power Supply dengan daya minimal 530 Watt. Baca juga : Cara mengatasi windows 7 black screen
Komputer sering restart karena RAM rusak
RAM yang rusak juga bisa menyebabkan PC sering restart, hal ini pernah saya alami beberapa waktu yang lalu. Saat itu Laptop selalu restart ketika dinyalakan meskipun saya telah memastikan tidak ada masalah dengan hardware yang lain, Laptop tetap tidak bisa booting dan selalu restart meskipun masuk ke windows safe mode. Saya kemudian mengganti RAM yang terpasang, dan akhirnya laptop bisa berjalan normal kembali.
Komputer sering restart karena Hardisk bad sector
Sebuah hardisk yang rusak atau bahkan terdapat bad sector didalamnya dapat menjadikan timbulnya bunyi beep pada laptop, muncul pesan bluescreen of deadth atau laptop tidak bisa booting dan me-restart terus. Untuk mencegah keruksakan sekaligus memperbaiki hardisk tersebut kita bisa menjalankan program scandisk/checkdisk, men-defrag hardisk secara teratur dan pastikan selalu mematikan PC dengan menekan tombol shutdown.
Demikianlah pembahasan kali ini tentang cara mengatasi komputer sering restart work karena hal ini sering sekali terjadi pada  laptop atau notebook.

8 komentar untuk "Cara Mengatasi Komputer Sering Restart Work"

  1. buat test ah komenya, ,terimakasih mas berkunjung

    BalasHapus
  2. Wah, blognya baru ya mas ?, semoga langgeng ngepostingnya ya gan, biar ada di page one.
    Http://indofo.blogspot.com
    Itu blog sederhana saya, jika sudi silahkan kunjungi blog saya dan berkomentar hehe...

    BalasHapus
  3. siap mas saya meluncur segera, ,terimakasih sudah berkomentar semoga bermanfaat

    BalasHapus
  4. mantap dah tutornya
    http://acemaxs31.com/

    BalasHapus